Tentang PLD AK

 

PROGRAM LAYANAN DISABILITAS JURUSAN AKUNTANSI (PLD AK)

LATAR BELAKANG

Pada tahun 2011 Politeknik Negeri Jakarta memperoleh mandat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yaitu Mandat Dirjen Dikti No. 549/ ET/2011 untuk membuka program yang dapat memfasilitasi mahasiswa berkebutuhan khusus untuk melanjutkan studi di tingkat pendidikan tinggi. Kebijakan tersebut diapresiasi dengan sangat baik dan secara signifikan berpengaruh bagi komunitas difabel karena membuka akses dan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk memperoleh pendidikan di tingkat yang lebih tinggi. Di tahun 2013, mandat tersebut direalisasi dengan pembentukan Program Studi D3 Manajemen Pemasaran untuk Warga Negara Berkebutuhan Khusus (Prodi D3 MP WNBK) dengan landasan hukum berupa Izin Operasional Operasional Kepmendikbud No. 96/E/O/2013. Sejak tahun 2013 hingga 2020 Prodi D3 MP WNBK dikelola dan disupervisi oleh Wakil Direktur bidang Akademik Politeknik Negeri Jakarta, hingga kemudian pada tahun 2021 Prodi D3 MP WNBK digabung ke Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta.

Berdasarkan PP No. 13 tahun 2020 tentang Akomodasi yang Layak untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas disebutkan bahwa penyediaan akomodasi yang layak di bidang pendidikan bertujuan untuk menjamin terselenggara dan terfasilitasinya pendidikan bagi peserta didik penyandang disabilitas. Mengacu pada PP tersebut, lembaga penyelenggara pendidikan yang menyediakan layanan pendidikan bagi mahasiswa difabel pun memiliki kewajiban untuk menyediakan akomodasi yang layak bagi mahasiswa difabelnya. 

Sementara itu, Prodi D3 MP WNBK selama ini menerima mahasiswa dengan ragam disabilitas yang beragam, seperti disabilitas fisik, sensori, intelektual, dan neurodiverse. Hal tersebut memberi tantangan tersendiri bagi tim dosen Prodi D3 MP WNBK. Secara teknis, mahasiswa dengan ragam disabilitas yang berbeda memerlukan proses KBM yang inklusif dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Contohnya: mahasiswa dengan low vision membutuhkan akses terhadap sumber referensi braile, mahasiswa dengan hambatan pendengaran membutuhkan akses informasi visual atau bahasa isyarat, hingga adanya kebutuhan terhadap pendampingan baik pada aspek akademis atau non akademis. Sayangnya, seluruh kebutuhan tersebut belum terpenuhi selama beberapa tahun belakangan.

Dengan mempertimbangkan aspek hukum dan adanya kebutuhan di lapangan, maka Prodi D3 MP WNBK dan Jurusan Akuntansi memiliki urgensi untuk menginisiasi adanya program layanan bagi mahasiswa difabel di lingkungan Politeknik Negeri Jakarta. Oleh karena itu, tahun 2022 Prodi D3 MP WNBK dan Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta menggagas Program Layanan Disabilitas Jurusan Akuntansi (PLD AK) sebagai cikal bakal pembentukan Unit Layanan Disabilitas di masa mendatang. Program ini bertujuan untuk memberikan layanan dan akomodasi yang layak bagi mahasiswa berkebutuhan khusus untuk menunjang pelaksanaan kegiatan akademik dan mendukung pengembangan aspek sosial dan psikologis mahasiswa berkebutuhan khusus. Selain itu, PLD AK juga berperan aktif dalam mengedukasi mengenai isu-isu disabilitas dan inklusivitas bagi seluruh civitas akademika Politeknik Negeri Jakarta serta masyarakat umum.

 

VISI

“Membangun lingkungan yang ramah terhadap penyandang disabilitas di Politeknik Negeri Jakarta dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang inklusif.”

Melalui visi tersebut PLD AK bercita-cita untuk menciptakan lingkungan kampus Politeknik Negeri Jakarta yang ramah bagi penyandnag disabilitas, sehingga terwujud kesetaraan dan persamaan dalam memperoleh pendidikan tinggi. Lebih lanjut, PLD AK pun ingin berkontribusi dalam menciptakan masyarakat Indonesia yang inklusif dan menjunjung kesetaraan hak serta persamaan kesempatan, tanpa diskriminasi dan stigmatisasi antara penyandang disabilitas dan mesyarakat umum.

 

MISI

Untuk mencapai tujuan tersebut, PLD AK mengembangkan misi-misi yang harus dilaksanakan oleh demi terwujudnya visi tersebut, yaitu:

1. Menyediakan layanan fisik dan non fisik bagi penyandang disabilitas,

2. Mengedukasi isu-isu disabilitas dan inklusivitas dalam dunia akademik,

3. Meningkatkan kepekaan civitas akademika Politeknik Negeri Jakarta terhadap isu-isu disabilitas, inklusivitas, dan penyandang disabilitas.

 

ROADMAP

 

PELAKSANA PLD AK 2022

Ketua Pelaksana PLD AK:

Anis Wahyu Intan Maris (KPS D3 MP WNBK, Jurusan Akuntansi PNJ)

Koordinator Akademik:

Kristin Lukitaningrum (Dosen Prodi D3 MP WNBK, Jurusan Akuntansi, PNJ)

Koordinator Ruang Inklusif:

Nuraeni Hadiati Farhani (Dosen Prodi D4 BKT, Jurusan Akuntansi PNJ)

Koordinator Media Edukasi:

Dini Ayuning (Dosen Prodi D3 BK, Jurusan Akuntansi PNJ)

Tim Volunteer Buddy:

(Open Recruitment 2022: Registrasi di sini)

 

PROGRAM KERJA PLD AK 2022

PLD AK digagas pertama kali tahun 2022. Di tahun pendiriannya, program kerja PLD AK berfokus pada beberapa hal, seperti:

  1. Edukasi Disabilitas: kegiatan edukasi mengenai isu-isu disabilitas baik di lingkup internal pengelola PLD AK, Jurusan Akuntansi dan Politeknik Negeri Jakarta, serta masyarakat umum;
  2. Layanan Akademik: penyediaan layanan akademik bagi mahasiswa penyandang disabilitas di lingkungan Program Studi D3 Manajemen Pemasaran, Jurusan Akuntansi, dan Politeknik Negeri Jakarta; dan
  3. Volunteer Buddy: pendamping teman sebaya yang tidak hanya mendampingi mahasiswa difabel dalam belajar tetapi juga menjadi task force pelaksanaan kegiatan PLD AK.

PROGRAM LAYANAN DISABILITAS JURUSAN AKUNTANSI (PLD AK)

LATAR BELAKANG

Pada tahun 2011 Politeknik Negeri Jakarta memperoleh mandat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yaitu Mandat Dirjen Dikti No. 549/ ET/2011 untuk membuka program yang dapat memfasilitasi mahasiswa berkebutuhan khusus untuk melanjutkan studi di tingkat pendidikan tinggi. Kebijakan tersebut diapresiasi dengan sangat baik dan secara signifikan berpengaruh bagi komunitas difabel karena membuka akses dan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk memperoleh pendidikan di tingkat yang lebih tinggi. Di tahun 2013, mandat tersebut direalisasi dengan pembentukan Program Studi D3 Manajemen Pemasaran untuk Warga Negara Berkebutuhan Khusus (Prodi D3 MP WNBK) dengan landasan hukum berupa Izin Operasional Operasional Kepmendikbud No. 96/E/O/2013. Sejak tahun 2013 hingga 2020 Prodi D3 MP WNBK dikelola dan disupervisi oleh Wakil Direktur bidang Akademik Politeknik Negeri Jakarta, hingga kemudian pada tahun 2021 Prodi D3 MP WNBK digabung ke Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta.

Berdasarkan PP No. 13 tahun 2020 tentang Akomodasi yang Layak untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas disebutkan bahwa penyediaan akomodasi yang layak di bidang pendidikan bertujuan untuk menjamin terselenggara dan terfasilitasinya pendidikan bagi peserta didik penyandang disabilitas. Mengacu pada PP tersebut, lembaga penyelenggara pendidikan yang menyediakan layanan pendidikan bagi mahasiswa difabel pun memiliki kewajiban untuk menyediakan akomodasi yang layak bagi mahasiswa difabelnya. 

Sementara itu, Prodi D3 MP WNBK selama ini menerima mahasiswa dengan ragam disabilitas yang beragam, seperti disabilitas fisik, sensori, intelektual, dan neurodiverse. Hal tersebut memberi tantangan tersendiri bagi tim dosen Prodi D3 MP WNBK. Secara teknis, mahasiswa dengan ragam disabilitas yang berbeda memerlukan proses KBM yang inklusif dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Contohnya: mahasiswa dengan low vision membutuhkan akses terhadap sumber referensi braile, mahasiswa dengan hambatan pendengaran membutuhkan akses informasi visual atau bahasa isyarat, hingga adanya kebutuhan terhadap pendampingan baik pada aspek akademis atau non akademis. Sayangnya, seluruh kebutuhan tersebut belum terpenuhi selama beberapa tahun belakangan.

Dengan mempertimbangkan aspek hukum dan adanya kebutuhan di lapangan, maka Prodi D3 MP WNBK dan Jurusan Akuntansi memiliki urgensi untuk menginisiasi adanya program layanan bagi mahasiswa difabel di lingkungan Politeknik Negeri Jakarta. Oleh karena itu, tahun 2022 Prodi D3 MP WNBK dan Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta menggagas Program Layanan Disabilitas Jurusan Akuntansi (PLD AK) sebagai cikal bakal pembentukan Unit Layanan Disabilitas di masa mendatang. Program ini bertujuan untuk memberikan layanan dan akomodasi yang layak bagi mahasiswa berkebutuhan khusus untuk menunjang pelaksanaan kegiatan akademik dan mendukung pengembangan aspek sosial dan psikologis mahasiswa berkebutuhan khusus. Selain itu, PLD AK juga berperan aktif dalam mengedukasi mengenai isu-isu disabilitas dan inklusivitas bagi seluruh civitas akademika Politeknik Negeri Jakarta serta masyarakat umum.

 

VISI

“Membangun lingkungan yang ramah terhadap penyandang disabilitas di Politeknik Negeri Jakarta dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang inklusif.”

Melalui visi tersebut PLD AK bercita-cita untuk menciptakan lingkungan kampus Politeknik Negeri Jakarta yang ramah bagi penyandnag disabilitas, sehingga terwujud kesetaraan dan persamaan dalam memperoleh pendidikan tinggi. Lebih lanjut, PLD AK pun ingin berkontribusi dalam menciptakan masyarakat Indonesia yang inklusif dan menjunjung kesetaraan hak serta persamaan kesempatan, tanpa diskriminasi dan stigmatisasi antara penyandang disabilitas dan mesyarakat umum.

 

MISI

Untuk mencapai tujuan tersebut, PLD AK mengembangkan misi-misi yang harus dilaksanakan oleh demi terwujudnya visi tersebut, yaitu:

1. Menyediakan layanan fisik dan non fisik bagi penyandang disabilitas,

2. Mengedukasi isu-isu disabilitas dan inklusivitas dalam dunia akademik,

3. Meningkatkan kepekaan civitas akademika Politeknik Negeri Jakarta terhadap isu-isu disabilitas, inklusivitas, dan penyandang disabilitas.

 

ROADMAP

 

PELAKSANA PLD AK 2022

Ketua Pelaksana PLD AK:

Anis Wahyu Intan Maris (KPS D3 MP WNBK, Jurusan Akuntansi PNJ)

Koordinator Akademik:

Kristin Lukitaningrum (Dosen Prodi D3 MP WNBK, Jurusan Akuntansi, PNJ)

Koordinator Ruang Inklusif:

Nuraeni Hadiati Farhani (Dosen Prodi D4 BKT, Jurusan Akuntansi PNJ)

Koordinator Media Edukasi:

Dini Ayuning (Dosen Prodi D3 BK, Jurusan Akuntansi PNJ)

Tim Volunteer Buddy:

(Open Recruitment 2022: Registrasi di sini)

 

PROGRAM KERJA PLD AK 2022

PLD AK digagas pertama kali tahun 2022. Di tahun pendiriannya, program kerja PLD AK berfokus pada beberapa hal, seperti:

  1. Edukasi Disabilitas: kegiatan edukasi mengenai isu-isu disabilitas baik di lingkup internal pengelola PLD AK, Jurusan Akuntansi dan Politeknik Negeri Jakarta, serta masyarakat umum;
  2. Layanan Akademik: penyediaan layanan akademik bagi mahasiswa penyandang disabilitas di lingkungan Program Studi D3 Manajemen Pemasaran, Jurusan Akuntansi, dan Politeknik Negeri Jakarta; dan
  3. Volunteer Buddy: pendamping teman sebaya yang tidak hanya mendampingi mahasiswa difabel dalam belajar tetapi juga menjadi task force pelaksanaan kegiatan PLD AK.

Share :


File Nama File Format Type